fbpx
LOGO Adhigana Perkasa
LOGO Adhigana Perkasa

PT ADHIGANA

6 Tips Memilih Portable Gas Detector

Sunday, 7 May 2023Tari
tips memilih portable gas detector, adhigana perkasa mandiri, portable gas detector, honeywell gas detector

Portable gas detector adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan gas berbahaya di udara. Alat ini biasa digunakan oleh pekerja di industri yang membutuhkan detektor gas untuk menjaga keselamatan kerja. Perangkat ini dirancang untuk dipakai sedekat mungkin di zona pernapasan, sehingga alat akan menghirup udara yang sama dengan yang dihirup oleh pekerja.

Portable gas detector dapat berupa alat yang digenggam atau dipakai pada tubuh, dilengkapi dengan klip yang dapat dipasang pada pakaian (kerah baju), tas atau ikat pinggang.Penggunaan perangkat ini sangat penting untuk memastikan keselamatan kerja di tempat yang memungkinkan terjadinya kebocoran gas.

Alat ini membantu untuk mendeteksi keberadaan gas yang tidak dapat dilihat atau tercium oleh manusia, sehingga memungkinkan pekerja untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat sebelum terjadi kecelakaan atau kerugian yang lebih besar.

Baca juga : Fixed System vs. Portable Gas Detector - Apa Perbedaan Keduanya?

Tips Memilih Gas Detector Portable

Berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti dalam memilih portable gas detector yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda:

1. Tentukan jenis gas yang akan dideteksi.

Pastikan gas detector yang akan Anda beli dapat mendeteksi jenis gas yang ingin dideteksi di lingkungan kerja. Honeywell menyediakan berbagai jenis gas detector yang dapat mendeteksi gas-gas tertentu misalnya gas amonia, hidrogen sulfida, karbon monoksida, sulfur dioksida, gas metana, dan lain sebagainya.

2. Kualitas dan keandalan unit gas detector.

Pilihlah gas detector Honeywell yang memiliki kualitas dan keandalan yang baik untuk memastikan alat tersebut dapat digunakan secara efektif dan menjamin keselamatan kerja.

3. Rentang deteksi gas.

Setelah memperhatikan kualitas gas detector, Anda juga perlu memperhatikan rentang deteksi yang dimiliki oleh gas detector tersebut. Apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Untuk rentang deteksi gasnya dapat berbeda-beda tergantung pada jenis dan model gas detector.

4. Tingkat sensitivitas.

Gas detector yang sensitif dapat mendeteksi gas dengan konsentrasi yang sangat rendah. Pastikan gas detector yang akan dibeli memiliki sensitivitas yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Kemudahan Penggunaan portable gas detector.

Anda harus memilih gas detector yang mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan. Dan Anda harus memastikan bahwa gas detector tersebut memiliki panduan penggunaan yang jelas dan mudah dipahami.

6. Waktu respons yang cepat.

Ini adalah waktu yang dibutuhkan oleh gas detector untuk mendeteksi gas dan memberikan peringatan sedini mungkin. Pastikan waktu respons dari gas detector yang akan Anda beli cukup cepat untuk menghindari risiko kecelakaan di lingkungan kerja.

Kesimpulan

Jangan sampai salah memilih portable gas detector, sebaiknya Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli keselamatan atau distributor resmi gas detector Honeywell yaitu PT Adhigana Perkasa Mandiri untuk mendapatkan saran yang lebih akurat terkait gas detector yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Rate this post

Share Artikel ini

crossmenu