fbpx
LOGO Adhigana Perkasa
LOGO Adhigana Perkasa

PT ADHIGANA

Gas Detector Adalah: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Wednesday, 31 May 2023Tari
gas detector adalah

Metode pendeteksian kebocoran gas menjadi perhatian serius setelah diketahui dampak gas berbahaya atau beracun terhadap kesehatan manusia. Sebelum adanya sensor elektronik, metode deteksi gas menggunakan alat yang kurang akurat. Kemajuan dalam deteksi gas terjadi selama abad ke-19 dan awal abad ke-20. Pada masa itu, pekerja tambang batu bara membawa burung kenari ke dalam terowongan sebagai sistem peringatan dini terhadap gas berbahaya seperti karbon dioksida, metana, dan karbon monoksida.

Burung kenari dipilih karena biasanya sangat aktif berkicau, namun akan berhenti berkicau dan mati jika ada gas berbahaya di sekitarnya. Ini memberi peringatan kepada penambang untuk segera meninggalkan area tambang demi keselamatan mereka sebelum terjadi korban jiwa.

Jenis-Jenis Gas Detector

Setelah anda memahami apa itu gas detector, berikut jenis-jenis gas detector yang perlu anda ketahui :

  1. Detektor Gas Portabel / Gas Detector Portable: Mudah dibawa dan digunakan di berbagai tempat untuk mendeteksi gas.
  2. Detektor Gas Tetap / Gas Detector Fix : Dipasang secara permanen di satu lokasi untuk pemantauan berkelanjutan.
  3. Detektor Gas Multi-Gas: Dapat mendeteksi beberapa jenis gas secara bersamaan.
  4. Detektor Gas Khusus: Dirancang untuk mendeteksi satu jenis gas tertentu, seperti karbon monoksida, metana, atau formaldehida.

Baca juga : 6 Rekomendasi Portable Gas Detector Terbaik

Bagaimana Cara Kerja Gas Detector?

Alat deteksi kebocoran gas saat ini jauh lebih akurat dan tentunya tidak berbaya bagi hewan. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Cara Kerja Gas Detector

Gas detector beroperasi dengan memanfaatkan prinsip-prinsip fisika dan kimia untuk mendeteksi gas. Berikut beberapa metode utama yang digunakan dalam deteksi gas:

1. Sensor Elektrokimia:

Memanfaatkan reaksi kimia antara gas dan elektrode untuk menghasilkan arus listrik yang sebanding dengan konsentrasi gas. Biasanya digunakan untuk mendeteksi gas seperti karbon monoksida (CO) dan hidrogen sulfida (H2S).

2. Sensor Inframerah (IR):

Menggunakan sinar inframerah untuk mendeteksi gas berdasarkan penyerapan cahaya pada panjang gelombang tertentu. Cocok untuk mendeteksi gas seperti metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2).

3. Sensor Katalitik:

Memanfaatkan reaksi oksidasi gas pada permukaan sensor katalis yang menghasilkan perubahan suhu yang dikonversi menjadi sinyal listrik. Sering digunakan untuk mendeteksi gas yang mudah terbakar seperti metana dan propana.

4. Sensor Semikonduktor:

Menggunakan perubahan konduktivitas bahan semikonduktor saat bersentuhan dengan gas. Sering digunakan untuk mendeteksi berbagai gas seperti gas alam, LPG, dan gas beracun.

5. Sensor Ultrasonik:

Mendeteksi kebocoran gas berdasarkan perubahan frekuensi gelombang ultrasonik yang diakibatkan oleh aliran gas. Lebih sering digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas daripada mengukur konsentrasi gas.

6. Sensor Ionisasi:

Mengukur arus listrik yang dihasilkan oleh ionisasi gas dalam medan listrik.

Anda tidak perlu khawatir terkait pemilihan gas detector, kalibrasi, hingga maintenance, karena PT. Adhigana Perkasa Mandiri akan memenuhi semua kebutuhan Anda seputar gas detector.

Langkah-Langkah Pengoperasian Gas Detector

  1. Kalibrasi: Lakukan kalibrasi awal untuk memastikan alat memberikan pembacaan yang akurat, menggunakan gas standar yang diketahui konsentrasinya.
  2. Pengaktifan: Hidupkan detektor gas sesuai dengan petunjuk pabrik, dan periksa baterai serta status sensor sebelum digunakan.
  3. Pengukuran: Letakkan detektor di area yang akan dipantau. Detektor akan mengukur konsentrasi gas di udara dan menampilkan hasilnya di layar.
  4. Alarm: Jika konsentrasi gas melebihi batas yang ditetapkan, detektor akan mengeluarkan alarm suara, visual, atau getaran untuk memperingatkan pengguna.
  5. Pemeliharaan: Lakukan perawatan rutin, termasuk pembersihan sensor dan penggantian bagian yang aus, untuk memastikan alat tetap berfungsi dengan baik.

Dapatkan Gas Detector Terbaik Kualitas Internasional!

Dapatkan gas detector untuk sistem deteksi gas Anda, hanya di PT Adhigana Perkasa Mandiri! Selain sebagai distributor resmi untuk merek terkemuka seperti Riken Keiki, Honeywell, dan RAE, komitmen kami bukan hanya sebatas penjualan. Kami memberikan layanan purna jual yang unggul dengan sales dan staff admin yang ramah dan professional. Jangan ragu untuk mengunjungi situs kami di www.adhiganacorp.com atau hubungi kami di nomor telepon yang tertera di website.

Rate this post

Share Artikel ini

crossmenu